Pelaksanaan UKK SMK Negeri 1 Simpang Rimba Tahun Pelajaran 2020 s.d. 2021

Kontak

Alamat :

Jl. Sekolah RT 01 RW 01 Desa Permis

Telepon :

085213133391

Email :

[email protected]

Website :

smkn1simpangrimba.sch.id

Media Sosial :


Banner


Berita Terbaru


Pelaksanaan UKK SMK Negeri 1 Simpang Rimba Tahun Pelajaran 2020 s.d. 2021

30 Apr 2021 727 Uji Kompetensi Keahlian






 

S

enin, 05 April 2021 merupakan hari pertama pelaksanaan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Kelas XII di SMK Negeri 1 Simpang Rimba Tahun Pelajaran 2020 s.d. 2021. Pelaksanaan UKK tersebut akan digelar hingga 07 April 2021 mendatang. Jauh berbeda dengan pelaksanaan UKK sebelumnya, tahun ini dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Hal tersebut tidak menjadi halangan untuk melaksanakan UKK. Ujian Kompetensi Keahlian ini dilaksanakan dengan menggunakan sistem tatap muka. Seluruh peserta ujian wajib menerapkan protokol kesehatan; cuci tangan sebelum masuk ruangan, memakai masker, cek suhu tubuh sebelum memasuki ruangan, serta menjaga jarak saat mengikuti ujian.


    Saat ini, SMK Negeri 1 Simpang Rimba memiliki dua jurusan yakni Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Untuk jurusan Multimedia memiliki Paket Soal 1 dengan Desain Grafis Percetakan sebagai bahan materi yang diujikan dalam UKK sedangkan Paket Soal 4 untuk jurusan TKJ dengan materi yang diujikan ialah Troubleshooting Keamanan Jaringan Pada Jaringan WAN. Pelaksanaan UKK ini dilaksanakan secara mandiri dengan mendatangkan langsung para penguji dari luar pihak sekolah atau mitra DUDI yang bekerja sama dengan sekolah. Pada jurusan Multimedia, penguji didatangkan dari CV Percetakan Editor yang menempati posisi sebagai praktisi desain grafis. Penguji tersebut Dian Rizki Pratama dan Fikri Amrullah yang juga berlatar belakang lulusan SMK dan sempat mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional dalam ajang LKS Desaign Grapich Technology. Pada jurusan TKJ penguji berasal dari CV Artamedia Indonesia, Ilham Febri Ramadhan yang memiliki posisi sebagai Noc Supervisor.

    Hari pertama pelaksanaan UKK dapat dikatakan lancar walau waktu pelaksanaan sempat mundur disebabkan adanya kendala listrik padam. Namun hal tersebut dapat teratasi dengan cepat tanggap dari pihak sekolah. Antusias peserta didik sangatlah tinggi, hal tersebut terlihat dengan kehadiran peserta yang mencapai 100%. Hal tersebut merupakan bagian dari semangat dalam meraih prestasi.

    Ujian Kompetensi Keahlian pada jenjang SMK merupakan evaluasi tahap akhir yang harus ditempuh peserta didik setelah melewati Ujian Sekolah dan Ujian Praktik. Dengan adanya UKK ini, kompetensi peserta didik dapat terlihat  sesuai keahlian masing-masing yang akan menjadi bekal untuk mereka memasuki dunia kerja. Semoga hasil UKK ini dapat memuaskan sesuai harapan mereka. Usaha dan kerja keras peserta didik selama ini dapat mengantarkan mereka pada apa yang menjadi cita-citanya. Aamiin.


0 Komentar

Kirim Pesan